Sunday, January 15, 2012

Desain Kolam Ikan Koi

Desain Kolam Ikan Koi


Desain Kolam Ikan Koi

Posted: 15 Jan 2012 09:00 AM PST

Apakah sobat memiliki ikan Koi? Dimanakah posisi kolam koi tersebut? Apakah kolam koi sudah memenuhi syarat agar koi dapat berkembang dengan baik? Bagaimana sih membuat kolam koi yang baik? Nah beberapa pertanyaan tersebut mungkin ada di benak sobat sekalian yang memiliki ikan koi dan kolamnya. Pada kesempatan ini saya akan bahas tentang desain kolam koi yang baik.

Kolam koi pada dasarnya sebagai area pengembangan dari keindahan ikan koi itu sendiri. Baik dari tubuh dan keindahan warna yang dihasilkan. Tentunya sobat penghobi atau penyuka ikan koi tahu, bahwa jenis ikan ini memiliki daya tarik tersendiri dari warna yang dihasilkannya.

Lokasi Kolam Ikan Koi

Lokasi bisa di taman depan, taman belakang, bahkan di inner courtyard rumah sobat. Usahakan tidak terlalu dekat dengan jenis pepohonan yang rimbun dan mudah rontok, agar maintenance dari kolam tidak terlalu sulit. Posisi kolam dibawah teritisan air hujan juga sangat berpengaruh terhadap air kolam sendiri lho. Karena air hujan memiliki keasaman yang kurang baik bagi ikan koi.

Kedalaman Kolam

Standar kedalam kolam ikan koi antara 1 hingga 2 meter. Nah ini harus dipertimbangkan dari awal sebelum membuat kolam. Karena membuat kolam dengan kedalaman ini membutuhkan budget yang tidak sedikit. Tentunya sobat bertanya, mengapa harus sedalam itu? Jawabannya adalah untuk pertumbuhan ikan koi itu sendiri.

Dengan kolam yang dalam, maka gerakan ikan koi lebih leluasa secara vertikal dan horisontal. Kemudian kedalaman ini mengurangi pengaruh temperatur yang terlalu tinggi pada siang hari, dan dingin pada malam hari. Bagaimana jika membuat yang dangkal? Tentunya juga berpengaruh pada kondisi ikannya. Kolam yang dangkal menyebabkan warna yang dihasilkan koi kurang terlihat cerah.

Finishing Dinding dan Lantai Kolam

Untuk dinding dan lantai kolam, sebaiknya memiliki tekstur yang halus. Mengapa? Tentunya agar tidak melukai ikan koi. Begitupun dengan lantai kolam. Jika sobat suka lantai kolam diisi oleh batu/koral, sebaiknya pilih batu atau koral yang tumpul atau memiliki tekstur halus.

Warna Dinding Kolam

Berilah warna yang gelap pada dinding kolam koi. Bisa warna Hitam atau Biru. Warna yang gelap dimaksudkan agar keindahan warna dominan ikan koi dapat terlihat. Dengan pengecatan ini juga akan mengurangi tumbuhnya lumut, karena lumut akan sulit tumbuh pada tempat yang berwarna gelap.

Itulah beberapa penjelasan mengenai desain dan syarat memiliki kolam koi yang baik. Jika ada yang ingin sobat tambahkan, silahkan berkomentar di kolom komentar agar artikel ini menjadi lebih lengkap. Terima kasih.

Salam Aquidea

Dari berbagai sumber

Foto: breederkoi.com, koibagus.com

 


No comments:

Post a Comment